Penyebab Terjadinya Kematian




Spiritual, Pil Motivasi - Menurut agama Buddha, kematian dapat terjadi disebabkan oleh hal-hal berikut ini :
  • Kematian dapat disebabkan oleh habisnya masa hidup suatu makhluk tertentu ( Ayu Khaya )
  • Kematian yang disebabkan oleh habisnya tenaga karma yang telah membuat terjadinya kelahiran dari makhluk yang meninggal tersebut ( Khamma Khaya )
  • Kematian yang disebabkan oleh berakhirnya kedua sebab tersebut diatas ( Ubhayakkhaya )
  • Kematian yang disebabkan oleh keadaan luar, yaitu kecelakaan, kejadian yang tidak pada waktunya, atau bekerjanya gejala alam dari suatu karma akibat kelahiran terdahulu yang tidak termasuk dalam poin 3 ( Upachedakka )
Ada suatu perumpamaan yang tepat sekali untuk menjelaskan keempat macam kematian ini yaitu perumpamaan dari lampu minyak yang cahaya nya di ibaratkan sebagai kehidupan. Cahaya dari lampu minyak dapat padam akibat salah satu sebab berikut ini :
  1. Sumbu dalam lampu telah habis terbakar. Hal ini serupa dengan kematian yang disebabkan berakhirnya masa hidup suatu makhluk.
  2. Habisnya minyak dalam lampu seperti halnya kematian seseorang yang disebabkan berakhirnya tenaga karma.
  3. Habisnya minyak dalam lampu dan terbakar habisnya sumbu lampu pada saat bersamaan sama halnya seperti kematian akibat kombinasi dari sebab poin ke 3 diatas.
  4. Pengaruh dari faktor luar, misalnya karena angin yang meniup padam api lampu. Sama halnya dengan kematian yang disebabkan oleh faktor-faktor luar.
Oleh karena itu karma bukan merupakan satu-satunya sebab dari kematian. Dalam Anguttara Nikaya dan kitab-kitab lainnya, Sang Buddha menyatakan dengan pasti bahwa karma bukan merupakan penyebab dari segala hal.

Semoga bermafaat.

BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Penyebab Terjadinya Kematian"

Post a Comment