Mengapa Vegetarian dianjurkan Tidak Makan Bawang ?

Spiritual, Pil Motivasi - Mungkin dalam keseharian kita memiliki teman atau sahabat yang ber-vegetarian tetapi tidak memakan bawang ( semua jenis bawang-bawang an seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombay, dan daun bawang ), atau bahkan saat makan di depot / rumah makan vegetarian, juga menanyakan apa dimasak dengan menggunakan bawang atau tidak.

Hal ini dirasa unik dan aneh, karena bawang termasuk tumbuh-tumbuhan, mengapa harus dihindari ? Tetapi perlu diketahui tidak semua orang vegetarian tidak memakan bawang, beberapa tetap ada yang  mengkonsumsi bawang.

Berikut beberapa alasan atau opini mengapa vegetarian ada yang tidak makan bawang :

Meningkatkan Hawa Nafsu

Bawang dipercaya dapat meningkatkan hawa nafsu, dan tentu saja hal ini tidak baik bagi yang sedang menjalankan sila, meditasi, serta pembinaan diri dalam kehidupan sehari-hari, karena dapat mengacaukan badan dan konsentrasi.

Secara ilmiah juga memang dijelaskan bahwa memang bawang dapat meningkatkan hawa nafsu atau bersifat afrodisiak / meningkatkan libido.. Berikut penjelasan tentang hal ini dapat dilihat pada salah satu sumber disini.

Seperti seseorang yang menghindari minuman keras, untuk menghindari kemungkinan berbuat jahat karena kesadaran yang menurun. Begitu pula orang yang bijak seharusnya juga menghindari bawang untuk menghindari peningkatan hawa nafsu, sehingga mempermudah dalam pengendalian diri dan ketenangan.

Apabila Tidak Makan Daging, Jangan Makan Bawang

Ada pula yang beranggapan bahwa bawang memiliki sifat racun ( merusak organ tubuh ) karena sifatnya yang keras dan sifatnya berlawanan dengan daging. 

Sehingga dapat dikatakan apabila seorang vegetarian ( tidak memakan daging ) maka sebaiknya juga tidak memakan bawang.

Ibarat seperti seseorang yang terkena bisa / racun ular maka meminum bisa/ racun ular juga, dalam arti racun di lawan dengan racun ( maksudnya apabila memakan daging ( ibarat racun ), juga harus makan bawang ( untuk melawan racun dari daging ) untuk menetralkan, tetapi kalau tidak makan daging jangan makan bawang karena akan merusak tubuh. ).

Maka apabila tidak memakan daging sebaiknya jangan memakan bawang.
Tetapi apabila memakan daging sebaiknya memakan bawang untuk menetralkan sifat daging.

Pandangan secara ilmiah juga menjelaskan bahwa bawang memang memiliki sifat mengikis / dapat meng-iritasi maka tidak kaget apabila ketika mengupas bawang menimbulkan perih / iritasi di mata. Bahkan ketika tidak sengaja mengucek mata dengan keadaan tangan yang mengandung bawang akan menimbulkan perih atau pedih dan terasa panas.

Kitab Suci Lankavatara Sutta

Dalam salah satu sutra Buddhisme, Lankavatara Sutta disebutkan agar menghindari memakan bawang-bawang an.

Hawa Tubuh yang Jelek dan Bau

Sebagian orang juga percaya apabila mengkonsumsi bawang akan menimbulkan hawa tubuh yang bau atau menyengat, maka tidaklah baik sewaktu membaca paritta atau berdoa.
Karena makhluk suci seperti Dewa - Dewi lebih menyukai hawa tubuh yang baik dan jernih.

Maka dari itu seringkali dianjurkan juga, agar sebelum berdoa harus mencuci tangan, kaki, muka atau membersihkan badan, bahkan sampai membaca mantra membersihkan mulut, mantra membersihkan badan. Semua itu berkaitan dengan hal ini ( makhluk suci menyukai hawa tubuh yang baik dan jernih ), juga sebagai salah satu bentuk penghormatan, dan mengingatkan agar kita senantiasa menjaga kebersihan batin dan jasmani.

Update :

Bawang Dipercaya Mengandung Hawa Yin yang Tinggi

Beberapa orang mengatakan bahwa bawang mengandung hawa yin yang tinggi. Bawang berbeda dengan tumbuhan pada umumnya, bila ditanam di dalam tempat yang gelap dan lembab, maka bawang itu akan tumbuh subur meskipun tanpa cahaya matahari.

Berbeda halnya dengan tanaman kangkung ataupun bayam yang ditanam dalam tempat gelap tanpa cahaya matahari, maka mereka akan mati dan tidak bisa tumbuh.

Seekor sapi juga tidak tahan dengan bau bawang, jika dia mencium adanya bau bawang disekitarnya, maka sapi itu pun akan pergi dari tempat itu.

Pengalaman Kontributor

Salah satu kontributor Pil Motivasi, sewaktu belajar vegetarian selama 3 bulan, masih makan bawang. Tidak percaya dengan anjuran jangan makan bawang ( bukan tidak percaya saja, tapi masih suka makan bawang. Tahu sendiri bedanya makanan tidak dikasih bawang gimana rasanya ).

Tidak lama keluar bintil-bintil merah di sikut tangan kanan dan kiri.

Sudah di kasih obat tetapi tetap saja bintil merah tidak mau hilang. Tidak lama seorang teman bilang "Coba kamu berhenti makan bawang, mungkin karena itu".

Setelah berhenti makan bawang 3 hari, bintil-bintil merah itu mulai menghilang hingga sekarang, tanpa menggunakan obat ( nb : tidak memiliki alergi terhadap bawang ).

Setelah artikel ini terbit beberapa komentar dan pesan menyatakan bahwa tidak masalah namun ada yang mendukung. Terlepas dari itu semua, vegetarian tanpa makan bawang adalah pilihan setiap orang, dan pengalaman spiritual setiap orang berbeda-beda.

Gunakan prinsip ehipassiko. Cobalah untuk berhenti makan bawang, apabila kondisi tubuh dan emosi lebih baik, Kenapa harus lanjut makan bawang ?

Demikian beberapa penjelasan dari orang yang bervegetarian tetapi tidak memakan bawang Apabila ada tambahan opini lain bisa komen dibawah.

Baca juga : Kisah Nyata Pembalasan Hukum Karma

Semoga bermanfaat

BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

4 Responses to "Mengapa Vegetarian dianjurkan Tidak Makan Bawang ?"

  1. Saya pernah vegetarian 3 1/2 tahun, tetap konsumsi bawang, apalagi masak mie instan pake bawangnya banyak.
    Pernah sebelum vegetarian, kena alergi gatal2, sdh berobat ke dokter gak sembuh, terapi bawang putih mentah seminggu, tiap makan siang 2-3 siung, sembuh, berbulan2 kalau kambuh cukup terapi 3hari sampe sekarang sembuh.
    Soal konsentrasi & pengendalian diri, bukanlah dengan menghindari bawang, tapi di agama Buddha diajarkan meditasi, kejahatan datang dari dalam diri bukan dari luar diri

    ReplyDelete
  2. Jadi vegetarian blh mkn bawang tdk?

    ReplyDelete
  3. Sangat berbeda ketika tidak makan bawang dan makan bawang.. housie vegetarian baru setahun 6 bulan, awal belajar makanan masih pakai bawang. Maag hs sering kambuh jika makan telat sedikit. Setelah ikrar, hs meninggalkan semua makanan mengandung bawang. Hasilnya? Maag jarang sekali kambuh jika makan telat, lebih fokus saat meditasi..

    Sekedar sharing, utk melepaskan hawa nafsu mulut (makanan), hs selalu ingat doa yang dipanjatkan oleh bikkhu, "kami makan bukan untuk memuaskan hawa nafsu, kami makan hanya untuk kelangsungan hidup". Coba lakukan setiap makan dan dengan niat. Niscaya akan bisa dilakukan.. xie xie.. gong de wu liang..

    ReplyDelete
  4. oh, baru tau kalau bawang ngaruh banget kayak gitu,

    ReplyDelete