Penelitian Faktor Kesuksesan





Entrepreneur, Pil Motivasi - Ada sebuah penelitian menarik dari Walter Mischel yang berasal dari Unversitas Standford memiliki hasil yang menarik untuk disimak mengenai kepribadian orang yang sukses. Berikut penelitian dari Walter :

Dalam penelitiannya, ia mengundang sekelompok anak kecil untuk masuk ke dalam satu ruangan, dan di dalam ruangan tersebut mereka disuguhi berbagai jenis makanan manis seperti coklat, permen dan lain sebagainya.

Anak-anak tersebut diminta untuk hanya memilih satu jenis makanan  yang paling mereka sukai. Lalu anak-anak itu dipanggil satu per satu ke dalam sebuah ruangan dan para peneliti akan mengatakan, "Nak, om mau keluar ruangan sebentar saja ya. Kalau kamu tidak makan makanan di meja sampai om kembali ke ruangan ini, maka om akan tambahkan satu lagi makanan untuk kamu". 
Lalu ditinggal lah anak tersebut sendirian dengan makanan tersebut.

Apa yang terjadi ?

Beberapa anak tidak kuat dan akhirnya memakan habis makanan manis tersebut. Sebaliknya, anak yang tidak memakan makanan yang disuguhkan tentu akan mendapatkan tambahan makanan manis setelah si peneliti tersebut kembali.

Tidak sampai disitu, pentelitian dilanjutkan hingga mereka tumbuh dewasa.

Anak-anak yang mampu menahan diri memiliki kehidupan yang lebih berhasil dan sukses, mereka memiliki pergaulan lebih baik, memiliki bilai lebih di sekolah, dan banyak hal positif lainnya.

Namun sebenarnya, ada satu hal menarik yang ditemukan pada masa penantian si anak saat menunggu si peneliti kembali.

Anak-anak yang berhasil menahan diri rupanya tidak fokus pada makan di atas meja. Ada yang bernyanyi, ada yang teriak-teriak, ada yang tidur, dan ada juga yang membuang muka dari makanan tersebut. 

Inilah yang disebut sebagai kemampuan menahan diri untuk bisa mendapatkan hal yang lebih nikmat. Apakah dalam masa penantian itu mereka menderita ? Ternyata tidak jug, mereka mengubah fokus mereka sehingga tidak melihat dan memperhatikan sumber atau target makanan yang menjadi perjanjian. Sebaliknya mereka tidak memikirkannya dan hanya mengingat bahwa ketika si om kembali, maka saya akan mendapatkan lebih dari yang saat ini saya miliki.


Begitulah kehidupan lebih baik sengsara jangka pendek namun nikmat untuk jangka panjang.

Disadur dari buku Rich Investor

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat dan ingin membagikan ke orang lain, maka Anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang di publikasikan pada Blog Pil Motivasi dengan mencantumkan pilmotivasi.blogspot.com sebagai sumber artikel. Jangan lupa untuk subscribe ya..
Artikel terkait :  Cara subscribe blog

BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Penelitian Faktor Kesuksesan"

Post a Comment