Bagaimana Cara Berdana dengan Baik Menurut Buddha ?


Spiritual, Pil Motivasi - Berdana materi, tenaga dan ucapan merupakan hal yang baik untuk dilakukan, namun ada beberapa hal harus diperhatikan.

Seperti yang dibahas oleh Bhikkhu Khemandaro dalam buku "Melangkah di Jalan Dhamma", bersumber dari kitab suci Anguttara Nikaya ( V, 148 ),

Buddha menjelaskan bahwa ada 5 hal bagaimana cara memberikan dana yang terbaik.
Lima hal itu sebagai berikut :

1. Memberi dengan Keyakinan

Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyerahkan dana itu dengan tangan sendiri kepada si penerima, bukan dengan dititipkan kepada orang lain.

2. Memberi dengan Penuh Hormat

Hal ini bisa dilakukan yaitu pada saat memberikan dana hendaknya diberikan dengan penuh perhatian, hati-hati, tidak terburu-buru dan tidak ceroboh sehingga seperti membuang barang yang sudah tidak terpakai.
Hal ini dilakukan untuk menunjukkan penghargaan kepada si penerima dana.

3. Memberi Pada Saat yang Tepat

Memberi pada saat yang tepat dapat dilakukan yaitu pada waktu ada bencana alam, musibah, banjir, kebakaran, kelaparan dan lain-lain.

Atau misalnya ketika ingin berdana makanan kepada para bikkhu / samanera, tentunya saat yang tepat adalah sebelum jam dua belas siang karena para samanera/bhikkhu setelah jam dua belas siang sudah tidak makan lagi/

Selain itu barang-barang yang akan diberikan juga hendaknya barang-barang yang tepat, yaitu barang yang benar-benar dibutuhkan oleh si penerima.

4. Memberi dengan Hati yang Dermawan

Pada waktu berdana atau memberi hendaknya dilakukan dengan hati yang dermawan, dengan perasaan yang senang, gembira dan berbahagia sebelum berdana, pada saat mempersembahkan dana itu, dan setelah berdana. Jangan sampai ada perasaan penyesalan setelah berdana.

5. Memberi Tanpa Menjelekkan

Dalam hal ini, hendaknya setelah berdana kita bisa mengucapkan terima kasih kepada si penerima dana, karena sudah mau menerima dana yang diberikan atau mengucapkan semoga bermanfaat untuk anda, semoga anda berbahagia, tanpa menjelekkan atau merendahkan si penerima dana.

Demikian lah 5 hal yang harus diperhatikan. Walaupun sulit diawal, maka semakin dilakukan akan terbiasa dan tidak lagi sulit, karena dengan berdana akan melatih diri untuk menghilangkan kemelekatan. Semoga bermanfaat.

BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Bagaimana Cara Berdana dengan Baik Menurut Buddha ?"

Post a Comment