Segitiga Keuangan


Entrepreneur, Pil Motivasi - Suatu malam, saya berbincang-bincang dengan seorang teman, mengenai cara mengelola keuangan. Kemudian mulai membahas tentang segitiga keuangan. Segitiga keuangan ini ternyata sangatlah penting untuk diketahui oleh semua orang.  Berikut pembahasan tentang segitiga keuangan.

Apa itu segitiga keuangan ?

Sebenarnya segitiga keuangan ini membantu untuk mem-pos kan uang berdasarkan prioritas.

Bagian Bawah - Tulisan warna biru

Seperti sebuah bangunan, yang paling penting adalah fondasi terlebih dahulu. Tanpa fondasi yang kuat maka bangunan itu akan runtuh. Demikian juga, sebaiknya kita harus memenuhi bagian ini terlebih dahulu :

  • Kebutuhan Dasar : Kebutuhan dasar merupakan kebutuhan untuk hidup seperti makan dan minum.
  • Dana Darurat : Merupakan dana yang harus ada untuk back-up kejadian darurat, sebaiknya pisahkan dengan rekening lain. Dana darurat sebaiknya berupa tabungan karena sifatnya yang liquid sehingga apabila dibutuhkan mudah untuk dicairkan.
  • Proteksi : Proteksi berarti memiliki asuransi jiwa ataupun asuransi kesehatan. Proteksi membuat Anda lebih aman, sehingga apabila terkena penyakit maka tidak sampai mengorbankan dana di atas nya seperti dana properti atau bahkan sampai menjual properti dan dana lain. Maka pondasi ini sebenarnya sangatlah penting, walaupun sering diabaikan.

Bagian Tengah - Tulisan warna merah muda

Pada bagian tengah ini mulai membicarakan tentang dana pendidikan , dana pensiun yang harus di persiapkan sejak dini dan dana properti. Kalaupun Anda telah memiliki rumah, sebaiknya dana properti tetaplah ada karena bisa untuk renovasi, seiring dengan depresiasi bangunan pasti akan dibutuhkan. Contoh :  rumah bocor, bahkan keropos karena rayap.

Bagian Atas - Tulisan warna hitam

Bagian puncak ini, apabila Anda masih ada dana sebaiknya mulai berpikir instrumen investasi seperti saham, properti ataupun reksadana. Juga harus disadari pada bagian puncak ini uang kita biasanya tidaklah liquid / mudah di cairkan apabila sedang dibutuhkan. Sebagai tambahan, untuk mengembangkan uang sebaiknya tidak dengan deposito, karena deposito kalah dengan inflasi sehingga hanya mempertahankan nilai uang namun bukan mengembangkannya.

Demikian pembahasan tentang segitiga keuangan yang mungkin membantu Anda untuk lebih bijak dalam pengelolaan uang. Baca juga cara Menambah Penghasilan Lewat SAHAM !!

BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Segitiga Keuangan"

Post a Comment