Kisah Inspirasi tentang Jaring Laba-Laba



Motivasi Spiritual, Pil Motivasi - Penulis Jepang yang terkenal, Ryunosuke Akutagawa pernah menguliskan sebuah cerita pendek berjudul "Jaring Laba-laba".

Dalam cerita pendek tersebut diceritakan bahwa saat Buddha Sakyamuni berada dalam meditasi yang sangat mendalam menyaksikan roh dari seorang yang bernama Kantatha, yang telah melakukan kejahatan yang tidak terkira dalam kehidupannya, sehingga hampir dihukum ke dalam neraka.

Dengan ketajaman inderanya, Buddha mengetahui bahwa walaupun Kantatha telah melakukan banyak perampokan dan pembunuhan selama kehidupannya, dia juga ada melakukan sedikit perbuatan baik, yaitu : Suatu ketika saat Kantatha mengangkat kakinya untuk menginjak laba-laba tersebut, namun tiba-tiba saja pikirannya berubah "Saya tidak boleh melakukannya. Walau laba-laba kecil dan lemab namun ia juga adalah makhluk hidup. Saya tidak tega untuk membunuhnya." Maka ia pun membatalkan niat untuk menginjak laba-laba tersebut.

Berkat satu pikiran kebajikan ini, Buddha memutuskan untuk menyelamatkan Kantatha. Beliau menjangkau kedalam kolam teratai dan mengambil segumpal sarang laba-laba. Sarang laba-laba tersebut kemudian dirubah menjadi seutas benang keperakan yang jauh masuk hingga ke dalam neraka.

Sewaktu Kantatha melihat benang tersebut secepatnya ia memegang dan menggunakan untuk memanjatnya ke atas.

Memanjat setengah jalan, dia memandang ke bawah dan terlihatlah demikian banyak roh jahat yang mengikuti dekat dibelakangnya. Dia menjadi panik dan berteriak. "Benang perak ini adalah milikku. Kamu semua tidak boleh ikut memanjat dan menggunakannya. Kembali ! Bodoh semuanya, kalau memanjat lagi, benang ini akan putus. Pergi !" Begitu ia selesai berbicara, benang tersebut langsung tersebut dan Kantatha kembali terjatuh ke neraka.

Akhirnya harapan satu-satunya untuk selamat dihancurkan oleh hatinya yang mementingkan diri sendiri. Jika saja dia menggunakan harapan yang tesisa untuk terus memanjat keatas, maka ia akan telah selamat.

Demikian dalam kehidupan kita, sangat penting untuk mengendalikan pikiran. Pikiran yang baik akan berbuah baik pula, demikian pula pikiran jahat akan membawa kesengsaraan.

BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Kisah Inspirasi tentang Jaring Laba-Laba"

Post a Comment