Kisah Dewa Dapur


Gambar dari Dewa Dapur

Spiritual, Pil Motivasi - Dewa Dapur diyakini oleh umat tridharma bahwa setiap tanggal 24 bulan ke 12 akan melapor ke Surga untuk setiap tingkah laku manusia ke hadapan Giok Hong Siang Te. Bila berkelakuan tidak baik  selama setahun terakhir, tiada berkah dan akan mendapatkan hukuman yang diterima. Sementara bila berkelakuan baik maka berkah kebahagiaan melimpah di tahun yang baru.

Dewa Dapur juga dikenal sebagai pelindung rumah tangga dan Dewa yang memberikan berkah bagi keluarga. Disebutkan pemujaan telah ada sejak zaman dinasti Zhou sekitar 2000 tahun lalu. Pemujaan hampir semua dilakukan di rumah sehingga tidak dibangun klenteng khusus atau altar khusus bagi Dewa Dapur. Kalaupun ada ditempatkan di area dapur. Karena itu untuk simbolisasi keberadaannya lebih umum menggunakan gambar dibandingkan patung.

Persembahan dalam sembahyang Dewa Dapur juga berbeda atau mengalami perkembangan. Pada dinasti tang ada yang menyebutkan arak sebagai persembahan. Namun ada pula yang menyebutkan hanya menggunakan secangkir teh dengan 3 batang hio. Dalam sebuah puisi dijumpai persembahan berupa makanan, minuman dan uang kertas.

Sesungguhnya bagaimana awal munculnya kepercayaan akan Dewa Dapur ? Bagaimana pula dengan asal usul nya ?


Banyak versi asal-usul Dewa Dapur, namun sesungguhnya jarang yang langsung terkait dengan dapur, namun lebih ke makanan atau kelaparan dan kesetiaan dalam keluarga. Sebagai contoh, kisah sepasang suami istri yang kelaparan yang merelakan istrinya menjadi istri muda seorang hartawan. Saat ada pembagian makanan oleh hartawan tersebut, Zhang ( sang suami ) berada di urutan terakhir sehingga tidak kebagian makanan. Ketika keesokan harinya, istrinya mengatur agar pembagian makanan dimulai dari yang pakling belakang, ternyata Zhang berada di paling depan. Di hari istrinya mulai pembagian makanan di tengah, Zhang telah tiada karena terlalu lapar. Istrinya kemudian bunuh diri karena rasa setianya. Oleh Giok Hong Siang Te keduanya diangkat menjadi Dewa dan Dewi Dapur.

Kisah lain menyebutkan Kaisar Huang Di sebagai penemu tungku dapur yang kemudian diangkat sebagai Dewa Dapur.

Masih terdapat beberapa versi sehingga siapa sebenarnya Ciang Kun Kong masih dalam perdebatan ahli sejarah.

BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Kisah Dewa Dapur"

Post a Comment