Kisah Hok Tek Ceng Sin / Fu De Zheng Shen

Rupang dari Fu De Zheng Shen

Spiritual, Pil Motivasi - Menurut legenda Fu De Zheng Shen dahulunya adalah seorang penjabat yang bernama Zheng Fu De yang lahir pada tahun 1134 SM. Ia hidup pada jaman dinasti Zhao pada masa pemerintahan kaisar Zhao Wu Wang.

Ia adalah seorang yang pandai dan bijaksana serta berhati mulia. Ketika ia menjabat sebagai menteri urusan pemungutan pajak, Beliau selalu bertindak bijaksana dan tidak memberatkan rakyat, sehingga rakyat pun sangat menghormatinya. namun, setelah ia meninggal dunia pada usia 102 tahun, penggantinya adalah seorang yang berwatak kejam, selalu bertindak kasar dalam menarik pajak rakyat, sehingga rakyat sangat menderita dan banyak yang pergi meninggalkan kampung halamannya.

Dalam masa penderitaan itu mereka mendambakan seorang bijak dan welas asih seperti Zheng Fu De. Walau dalam keadaan bingung dan susah, orang-orang desa tidak pernah melupakan kebaikan Zheng Fu De. Dari sinilah kemudian muncul gelar Fu De Zheng Shen.

Dikisahkan ada suatu keluarga miskin yang mendambakan Fu De Zheng Shen kembali memimpin desa seperti semula yang menjadikan desa damai dan makmur. Kemudian dengan cara yang sederhana, ia mengambil empat buah batu bata untuk membuat rumah-rumahan kecil, satu untuk atapnya dan tiga buah untuk temboknya, lalu ia membuat tulisan Fu De Zheng Shen yang diletakkan di dalamnya, dan mengambil pecahan tempayan untuk tempat dupa. Setiap pagi dan sore mereka sekeluarga sembahyang pada Fu De Zheng Shen.

Mendengar hal itu, Raja Wie menyuruh pengawalnya untuk menyelidiki, setelah tahu apa yang diperbuat oleh keluarga miskin itu, raja menertawakan dan mengejeknya.

Namun keluarga miskin itu tidak memperdulikannya, ia mengatakan "Ada uang tinggal di gedung besar, tidak ada uang tinggal di tempayan pecahpun jadi". Sungguh ajaib ternyata orang yang bersungguh-sungguh bersujud kepada Fu De Zheng Shen itu tidak lama kemudian menjadi kaya raya.

Berkat permohonan dan ketulusan hatinya, tanaman padi dan palawija di desa itu mengalami panen besar, hewan ternak bertambah banyak, sehingga masyarakat pun menjadi makmur serta terhindar dari malapetaka. Orang-orang desa yang percaya kepada kemuliaan Fu De Zheng Shen senantiasa terlindungi dan mendapatkan berkah. Akhirnya mereka semua sepakat untuk membangun kelenteng sebagai tanda terima kasih atas kebaikan dan berkah Fu De Zheng Shen.

BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Kisah Hok Tek Ceng Sin / Fu De Zheng Shen"

Post a Comment