Wajah Sebenarnya

raja zhou
Spiritual, Pil Motivasi - Suatu hari Raja Zhao mengunjungi seorang master Chan yang bernama Zhaozhou. Saat itu Master Zhaozhou sudah mendekati usia 100 tahun.

Sambil berbaring di atas dipan, Master Zhaozhou berkata kepada raja "Raja! saat ini saya sudah berusia lanjut. Walaupun secara khusus Raja datang mengunjungi saya namun tubuh saya benar-benar lemah sehingga tidak mampu menyambut kedatangan Anda, mohon Raja memaklumi".

Setelah mendengarkan hal ini Raja Zhao tidak marah justru tambah menghormati Master Zhaozhou.

Keesokan harinya, Raja Zhou mengutus seorang Jendral untuk mengantarkan hadiah kepada Master Zhaozhou, tapi sambutan kali ini begitu beda. Walaupun hanya Jendral tetapi disambut di depan pintu, dan segera bangun dari dipan-nya.

Para murid Master Zhao sangat bingung akan hal ini. Mengapa seorang Jendral malah disambut dengan begitu hormat, sedangkan seorang Raja tidak mendapatkan sambutan yang hormat.

Master Zhaozhou kemudian menjelaskan "Kalian tidak tahu bahwa sambutan saya ada tiga tingkat, yaitu :"

  • Bagi golongan atas saya menyambut di atas dipan
  • Bagi golongan menengah saya menyambut dengan penuh hormat di ruang tamu
  • Bagi golongan kelas tiga, saya memakai cara orang awam dengan manyambut di depan pintu

Itulah Chan menghadapi orang dan masalah dengan cara yang bijaksana, walaupun terkadang sulit untuk dipahami oleh orang awam

Makna Cerita :

Dari cerita diatas mungkin terdengar tidak masuk akal, tapi coba Anda pikirkan Master Zhaozhou menunjukkan wajah yang sebenarnya dari dirinya, menampilkan keadaan dirinya yang alami, tidak berpura-pura dalam bertemu dengan Raja. 

Hal ini memberitahukan bahwa di dalam hatinya ada kebenaran dan menghormati Raja, tidak dengan sengaja berusaha menutupi keadaannya dirinya yang sudah lemah dan renta. Maka Raja Zhou sangat merasa dihormati, apalagi Raja Zhou saat itu dikenal sebagai raja yang bijaksana maka Master Zhaozhou sudah mengetahui tingkatan orang yang dihadapi.

Sedangkan dengan seorang Jendral, hal itu baru pertama kali bertemu dengan Master Zhaozhou, dia bisa salah paham dengan tindakan nya, maka harus menyesuaikan pula dengan kondisi orang tersebut.

Bagaimana dengan orang yang Anda temui atau teman akrab Anda ? Tentu wajah sebenarnya teman akrab lebih terlihat karena itu menandakan dia jujur dan apa adanya kepada Anda.

Jangan lupa menyesuaikan tindakan dan kondisi kita dalam menghadapi orang lain.
Ingatlah orang memiliki tingkatan dan sifat yang berbeda-beda maka perlu dihadapi dengan cara yang berbeda-beda pula.


BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Wajah Sebenarnya"

Post a Comment