Kue Bulan

Spiritual, Pil Motivasi - Orang Tionghoa setiap tahun pada bulan ke 8 tanggal 15 imlek selalu merayakan festival kue bulan / Zhong Qiu Pia / moon cake festival / Tiong Ciu.

Asal usul perayaan ini berasal dari legenda Zhang Er dan ksatria Hou Yi, yang pada mulanya bumi ini memiliki 10 matahari kemudian ksatria Hou Yi memanah 9 matahari dan akhirnya mendapatkan hadiah berupa pil abadi, namun pil itu di incar oleh orang jahat, dan untuk melindungi pil itu akhirnya Zhang Er memakan pil itu hingga tubuhnya mulai ringan dan terbang ke arah rembulan. Maka untuk mengenang jasa Zhang Er dirayakan festival kue bulan.

Kue bulan juga merupakan tanda persatuan karena bentuknya yang bulat sehingga pada perayaan ini, sanak keluarga yang terpisah-pisah di harapkan dapat berkumpul kembali dan di dibawah sinar rembulan mereka bersama-sama memakan kue bulan sambil menyeduh teh.

Selain itu, rembulan pada waktu festival Tiong Jiu memiliki sinar yang sangat terang, berbagai kepercayaan seperti berdoa sambil membawa bedak di altar yang digunakan untuk menambah kecantikan juga timbul di kalangan masyarakat.

Namun yang paling penting adalah momen berkumpul bersama keluarga, dan berdoa kepada Langit.

Berdoa kepada Langit karena setiap tanggal 15 imlek dipercaya oleh masyarakat Tiongkok jaman kuno bahwa biasanya terjadi gejolak emosi yang cukup tinggi pada manusia, serta hawa yin kuat, juga biasanya bencana alam sering kali terjadi dekat-dekat tanggal 15 ini, sehingga berdoa ke Langit dan datang ke tempat ibadah dengan harapan dapat selamat dan kehidupan diberkahi.


BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Kue Bulan"

Post a Comment