Manfaat Meditasi

Spiritual, Pil Motivasi - Meditasi sangat populer dalam kalangan masyarakat saat ini, terutama umat Buddhis yang sering kali mempraktekkan meditasi karena manfaat meditasi yang luar biasa banyak.

Apa saja manfaat meditasi ?


Membebaskan batin dari ketegangan
Bagi seseorang yang sering khawatir atau cemas, meditasi dapat menenangkan, sehingga akan membebaskan batin dari ketegangan dan membantu menemukan kedamaian batin.

Mendatangkan relaksasi atau pelemasan syaraf dan menenangkan pikiran
Bagi seseorang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya dalam kehidupan sehari-hari, meditasi daoat membantu untuk mengatasi stress, menenangkan pikiran dan menemukan relaksasi.

Menjadi mudah tidur, tidur dengan nyenyak dan tidak mimpi buruk
Bagi seseorang yang sulit tidur, tidur tidak nyenyak dan selalu bermimpi buruk, hal itu merupakan ketidak bahagiaan dalam hidup.

Sebagai solusi untuk mengatasi hal ini, kadang seseorang meminum obat tidur. Sebenarnya obat tidur bukanlah solusi yang terbaik, mengingat obat tidur bisa menimbulkan efek ketagihan dan efek samping yang berbahaya bagi organ tubuh.

Dengan meditasi, akan memberikan manfaat bagi seseorang sehingga menjadi mudah tidur, tidur dengan nyenyak dan tidak mimpi buruk.

Memudahkan konsentrasi pada pekerjaan
Bagi seseorang yang sibuk dengan berbagai pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari, seperti sibuk pada saat bekerja di kantor, bekerja di rumah, atau toko.

Meditasi dapat membantu seseorang menjadi fokus, konsentrasi dan penuh kesadaran dengan apa yang sedang dikerjakan.

Menjadi lebih sabar dalam menghadapi permasalahan hidup
Bagi seseorang yang mempunyai permasalahan hidup, dengan bermeditasi, hal ini akan sangat membantu menjadi lebih sabar ketika menghadapi permasalahan dalam kehidupan, sehingga seseorang tidak menjadi cepat naik darah, menjadi marah-marah dan emosi atau selalu menyalahkan orang lain.

Memiliki Ketabahan
Bagi seseorang yang selalu di liputi problem yang tak berkesudahan. Meditasi dapat membantu seseorang untuk mengembangkan ketabahan, kekuatan dalam menghadapi dan mengatasi problem tersebut.

Mendapatkan rasa percaya diri
Bagi seseorang yang merasa kurang percaya diri, meditasi dapat membantu untuk ,memiliki rasa percaya diri yang merupakan kunci untuk sukses.

Dapat mengatasi rasa takut dan cemas
Bagi seseorang yang memiliki ketakutan dan kecemasan dalam batin, meditasi dapat membantu seseorang untuk mengerti hakikat sesungguhnya dari problem yang menakutkan.
Demikian  seseorang akan mengatasi ketakutan dan kecemasan dalam batinnya.

Dapat melihat segala sesuatu dengan lebih wajar
Bagi seseorang yang bijaksana, meditasi akan membimbingnya kepada kebijaksanaan agung. Kemudian ia akan mampu memandang segala sesuatu sebagaimana hakikat yang "sesungguhnya" dan tidak sebagaimana "nampaknya".

Mendapat kepuasan dalam batin
Bagi seseorang yang selalu tidak puas terhadap segala sesuatu dan tak satupun dalam kehidupan ini yang nampak memuaskan. Meditasi dapat memberikan peluang kepada nya untuk mengembangkan dan memelihara kepuasan batin.

Dapat mengerti tentang sifat kehidupan
Bagi seseorang yang sedang frustasi dan patah hati karena kurangnya pengertian akan ketidakpastian dalam hidup dan dunia, meditasi sesungguhnya dapat membimbing dan membantu seseorang untuk mengerti sifat ketidak-kekalan kondisi-kondisi duniawi.

Menguatkan ingatan, menjadi lebih pandai dan tidak bodoh
Bagi seseorang yang berpikiran lemah, sering lupa atau memiliki daya ingat yang lemah, meditasi dapat menguatkan pikiran seseorang untuk mengembangkan usaha dalam mengatasi kelemahan tersebut, sehingga akan menguatkan daya ingat, menjadi lebih pandai dan tidak bodoh.

Menghilangkan rasa iri hati
Bagi seseorang yang memiliki sifat pencemburu atau iri hati, meditasi dapat membantu seseorang agar dapat mengerti bahwa kecenderungan batin yang negatif tidak akan pernah menyumbangkan manfaat apapun bagi dirinya sendiri, sehingga ketika ada orang lain memperoleh kebahagiaan, keuntungan atau keberhasilan, kita akan selalu ikut berbahagia.

Mudah mengendalikan emosi dan kemarahan
Bagi seseorang yang mudah naik darah, emosi atau marah-marah, dengan meditasi akan mampu mengembangkan kekuatan untuk mengatasi kelemahan dari amarah, kebencian dan dendam.
Dengan demikian, seseorang akan menjadi lebih tenang dan menjadi orang yang sabar.

Dapat mengendalikan nafsu-nafsu inderanya
Bagi seseorang yang tidak dapat mengurangi keterikatan akan nafsu indera, dengan meditasi, seseorang dapat belajar bagaimana menjadi pakar pengendali nafsu indera. Sebagai contoh ketika mara melihat makanan yang enak dan hidung mencium aroma makanan yang enak, amak seseorang tidak akan langsung muncul keserakahan dalam dirinya untuk memiliki dan menikmati makanan itu sebanyak-banyaknya.

Menjadi lebih sehat dan tidak gampang sakit
Bagi seseorang yang sehat, meditasi akan menjadikannya menjadi lebih sehat dan tidak gampang sakit. Bagi seseorang yang menderita karena penyakit tertentu seperti kehancuran batin, meditasi dapat mengaktifkan kekuatan positif dalam batin dan jasmani seseorang untuk memulihkan kesehatan.

Inilah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dalam latihan meditasi dalam kehidupan sehari-hari menurut Bhikku Khemandhiro.

Semoga bermanfaat.
  1. g

BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Manfaat Meditasi"

Post a Comment