Mengeruk Untung di Saham


Entrepreneur, Pil Motivasi - Saham sebenarnya seperti orang berdagang, ketika harga terdiskon murah (harga turun) sebaiknya Anda membeli, tetapi tidak semua barang yang lagi di diskon dapat Anda beli. 

Tentu nya saat membeli harus melihat kualitas barang itu, apa worthed sih untuk dibeli ? Kualitas nya gimana ?. Ternyata sama ya cara memilih nya seperti Anda sedang belanja di supermarket.

Saya sharing pengalaman saya dalam berinvestasi saham, saya lebih menyukai sebutan investasi saham daripada bermain saham karena kata "main" terkesan tidak serius dan asal. 

Berikut penjabaran saya yang mungkin setiap orang dapat berbeda, sesuaikan dengan yang pas bagi Anda. Ingat analisa setiap perkataan saya, apabila sesuai dapat Anda tiru, modifikasi atau bahkan Anda tolak anjuran ini kalo tidak pas di hati.. hehe..

Pedoman dalam investasi Saham :

  • Tentukan tipe Anda dalam Saham

    • Ternyata di saham ada tipe nya loh, kok bisa ? Gini ada orang yang bermain saham day trader, swing atau investor. Apa itu ? gini sebenarnya itu pembagian nya dilihat dari waktu saja. Ada orang yang jual beli saham setiap harian (day trader), setiap minggu/bulanan (swing) atau dalam jangka waktu tahunan (investor). Kalo Anda gabungan dari swing dan investor sebaiknya pisah aja account nya saran dari pakar saham. 
    • Pertama terjun ke saham saya lebih ke day trader, tapi sekarang berubah aliran ke swing dan investor karena gak kuat ama bayar pajak nya hehe. Kalo broker saya akan mengenakan biaya beli 0,19 terus jual nya juga kena lagi biaya 0,29. Jadi kalo kenaikan dari saham tidak signifikan maka akan rugi di biaya nya. Jadi saya lebih sering menunggu beberap minggu atau bahkan tahunan karena kenaikannya lebih terasa atau saat ada event tertentu yang menyebabkan kelonjakan harga.

  • Jangan pernah berhutang

    • Di broker biasanya menyediakan fasilitas margin, jadi Anda dapat berhutang terlebih dahulu di broker tapi tentu ada bunga nya. Bunga nya kalo di broker saya 1% per hari. Berbagi pengalaman ada teman saya yang menggunakan margin terus harga saham nya turun pada hari jumat. Dia nda bisa tidur sob selama sabtu, dan minggu.. kepikiran terus sama harga saham. Itulah mengapa saya menyarankan agar jangan pernah berhutang ke broker dalam bermain saham karena menyebabkan Anda tidak bisa berpikir secara rasional dalam mengambil keputusan.

  • Analisa terlebih dahulu

    • Seperti saat Anda membeli baju di supermarket tentu nya Anda akan melihat model nya dulu, mempertimbangkan harga, mencoba nya dan melihat apa ada cacat produk. Dalam saham Anda sebaiknya menganalisa apa harga nya ini kemahalan ato nda, kemudian prospeknya gimana untuk jangka panjang.
    • Analisa dalam saham terbagi 2, yaitu :
      • Analisa fundamental (FA / Fundamental Analysis )
      • Analisa Teknikal (TA / Technical Analysis )
    • Ingat tidak ada analisa yang benar-benar perfect 100 %, tapi dengan analisa peluang selamat dan untung nya lebih besar.

  • Tentukan Cut Loss

    • Apa itu cut loss? Cut Loss semacam batas harga untuk Anda keluar. Hal ini berguna untuk meminimalkan kerugian. Taati cut loss Anda.

  • Beli Saham Blue Chip

    • Saham blue chip sebenarnya hanya istilah aja untuk saham yang banyak di minati. Gimana cara tahu nya saham itu blue chip ato ga ? biasanya saya berpedoman pada indeks LQ-45. LQ-45 merupakan saham-saham yang berjumalah 45 yang likuid. Likuid di sini berarti banyak di perjual belikan. Tentu nya anda harus memilih saham yang banyak diperjual belikan karena menunjukkan banyak minatnya untuk mengurangi resiko Anda sudah beli tapi tidak ada yang beli..

  • Hindari saham gorengan

    • Saham Gorengan merupakan istilah saham yang tiba-tiba naik dan tiba-tiba juga cepat banget turun nya. Biasanya saham tipe ini harganya di bawah 500 rupiah sih. Hindari aja, ingat lawan Anda di saham itu banyak yang memiliki modal yang banyak dan bisa membuat pasar naik dan turun dengan mudah ( kecuali yang cap nya besar lebih sulit untuk di manipulasi ).
Ingat tips ini bisa saja salah, lebih baik analisa dan sesuaikan dengan pemikiran Anda dan cari referensi yang banyak. Gunakan prinsip Ehipasiko.. Jangan percaya begitu saja, teliti terlebih dahulu baru lakukan. 

Sementara tips saya untuk saham sampai sini dulu ya, ntar kepanjangan lagi. Ntar kalo ada lagi saya akan buat lagi untuk tips ke 2 nya. Salam investasi. :D


Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat dan ingin membagikan ke orang lain, maka Anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang di publikasikan pada Blog Pil Motivasi dengan mencantumkan pilmotivasi.blogspot.com sebagai sumber artikel. Jangan lupa untuk subscribe ya..
Artikel terkait :  Cara subscribe blog

BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Mengeruk Untung di Saham"

Post a Comment