Sudahkah Saya Berbuat Baik Hari ini ?



Spiritual, Pil Motivasi - Dalam satu hari ada dua puluh empat jam dan terbagi menjadi tiga bagian yaitu pagi, siang dan malam. Dalam kehidupan sehari-hari sejak kita bangun di pagi hari sampai kita akan tidur lagi di malam hari, ada satu renungan dan pertanyaan yang sangat baik sekali untuk selalu kita renungkan dan tanyakan di dalam diri, yaitu : "Sudahkah saya berbuat baik hari ini ?"

Dengan sering merenung dan bertanya demikian kepada diri sendiri, maka hal ini akan menjadikan kita bersemangat untuk memunculkan perbuatan baik di dalam diri yang belum ada atau belum muncul dan akan menjadikan lebih bersemangat dalam mengembangkan kebaikan yang sudah ada di dalam diri.

Mengapa kita dianjurkan untuk berbuat baik ? Karena dengan berbuat baik, hal ini akan membuat orang lain / makhluk lain berbahagia dan tentu diri sendiri juga akan berbahagia dengan perbuatan baik yang sudah dilakukan tersebut.

Selanjutnya, kita sebagai umat Buddha hendaknya untuk praktik melaksanakan Dhamma dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud penghormatan kepada Buddha, Guru Agung kita, yaitu selalu berusaha untuk tidak melakukan kejahatan, senantiasa menambah kebajikan dan berusaha untuk membersihkan batin sendiri, ini adalah ajaran para Buddha. ( Dhammapada - Buddha Vagga, 183 ).


Daripada hidup selama seratus tahun yang penuh dengan perbuatan jahat dan pikiran yang tidak terkendali, lebih baik hidup satu hari yang penuh dengan perbuatan baik dan pikiran yang terkendali. Dhammapada - Sahassa Vagga, 110

Dikutip dari Buku Melangkah di Jalan Dhamma

BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Sudahkah Saya Berbuat Baik Hari ini ?"

Post a Comment