Kisah Terlahir di Alam Surga



Spiritual, Pil Motivasi - Di kisahkan pada waktu itu salah satu murid Sang Buddha, Maha Moggallana Thera mengunjungi alam surga dan menjumpai banyak dewa yang tinggal di tempat yang mewah.

Beliau bertanya kepada mereka, perbuatan baik apa yang menyebabkan mereka terlahir di alam surga, dan mereka memberikan jawaban  yang berbeda-beda.

Dewa yang satu mengatakan ia terlahir di alam surga bukan karena ia banyak berdana atau sering mendengarkan dhamma, tetapi karena ia selalu berbicara benar ( jujur ).

Dewa kedua adalah dewa wanita yang terlahir di alam surga, ia menjawab bahwa ia tidak pernah marah pada tuannya sering memukul dan menyiksanya. Dengan meredam kemarahan dan kebencian, ia terlahir di alam surga.

Selanjutnya, ada yang terlahir di alam surga karena sedikit berdana. Seperti mendanakan sebatang gula tebu, buah, atau beberapa sayuran kepada bhikkhu atau pada orang lain yang membutuhkan.

Setelah kembali dari alam surga, Maha Moggalana Thera bertanaya kepada Buddha, apakah mungkin meraih banyak keuntungan hanya dengan bicara benar, atau mengendalikan perbuatan atau dengan memberikan sedikit barang seperti buah dan sayuran.

Buddha menjawab, "Anak-ku, mengapa engkau bertanya hal itu ? apakah kamu tidak melihat dan mendengar sendiri apa yang dewa-dewa itu katakan ? seharusnya engkau tidak meragukannya. Sedikit perbuatan baik pasti akan membawa seseorang terlahir di alam surga."

Kemudian Buddha membabarkan syair Dhammapada - Kodha Vagga, 224. berikut ini :

Berkata yang jujur dan selalu sabar, selalu memberi kepada yang meminta walaupun sedikit, ketiga hal tersebut akan membawa anda terlahir di alam surga.


Sumber :
-Dhammapada Atthakatha, Kisah-kisah Dhammapada.
 Diterbitkan oleh : Vidyasena Vihara Vidyaloka, Yogyakarta.
-Buku Melangkah di Jalan Dhamma

BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Kisah Terlahir di Alam Surga"

Post a Comment