Kisah Ksitigarbha Bodhisatva

Ksitigarbha Bodhisatva

Spiritual, Pil Motivasi - Nama Ksitigarbha Bodhisatva adalah dari bahasa sanskerta yang berarti " Bumi tempat menyimpan ke sepuluh sutra roda kehidupan". Sang Bodhisatva ini terkenal di lingkungan berbagai bangsa di dunia karena beliau telah menyeberangkan, menyelematkan makhluk-makhluk yang menderita hingga tiba di Nirvana, sesuai dengan sumpah beliau "Apabila alam neraka tidak kosong, tidak akan menjadi Buddha".

Selain itu pemujaan Ksitigarbha Bodhisatva juga pada saat masa berkabung dan dipercaya dapat membantu perjalanan orang yang telah meninggal agar sampai di alam bahagia.

Dalam salah satu sutra Budhis dikisahkan bahwa Ksitigarbha Bodhisatva pernah lahir sebagai seorang putri Brahmana yang bernama Gadis Suci. Ketika ibunya meninggal ia sangat bersedih karena pada masa hidup, orang tuanya sering mengumpat Triratna, maka mengkhawatirkan bahwa ibunya terlahir di alam rendah. Hingga akhirnya Beliau berdoa memohon kepada Buddha Padmasamadhisvararaja Tathagatha, dan mujizat terjadi. Berkat bantuan dari Buddha Padmasamadhisvararaja Tathagatha, putri brahmana dapat mengetahui bahwa ibunya terlahir di alam neraka , namun berkat puja bakti yang dilakukan putri brahmana maka ibunya terlahir alam surga.

Ketika di Neraka, putri brahmana melihat makhluk neraka yang sedang menderita siksaan, ia sangat iba sehingga mengatakan "Saya akan berusaha membebaskan semua makhluk di neraka dari penderitaan selama hidup saya."

Semenjak itulah putri brahmana menjadi seorang Bodhisatva dan kemudian dikenal sebagai Ksitigarbha Bodhisatva.

Ksitigarbha Bodhisatva sering dilukiskan dalam keadaan berdiri tangan memegang Cintamani ( permata kebijaksanaan ) atau Tongkat Bercincin ( tongkat pemberi peringatan yang disebut Khakkara ). Wajahnya menunjukkan penuh kebajikan.

Banyak pula Ksitigarbha Bodhisatva yang dilukiskan dalam posisi duduk diatas teratai, tangannya memegang permata menyala yang dianggap berkekuatan dahsyat. Dikepalanya terdapat mahkota dengan lima daun, setiap daun terdapat lukisan Dhyani Buddha. Dengan tongkatnya Ksitigarbha Bodhisatva dapat membuka pintu neraka, sedangkan permata ditangannya untuk menerangi kegelapan neraka. Kadangkala kita menemui Ksitigarbha Bodhisatva dengan tangan kirinya memegang mangkok sedekah dan tangan kanan nya memegang mudra sebagai tanda "Jangan takut" dan memberi kedamaian kepada semua makhluk.
Ksitigarbha Bodhisatva


Selain itu Ksitigarbha Bodhisatva pernah berjanji kepada Buddha Sakyamuni "Saya akan mematuhi ajaranmu untuk terus melepaskan makhluk-makhluk dari penderitaan dan membimbing mereka untuk mencapai pembebasan. Saya akan bekerja keras hingga Buddha Maitreya datang ke dunia ini."

Buddha Sakyamuni memberikan nasihat "Dengarkan baik-baik. Jika seorang pada waktu akan datang melihat lukisan / pratima Ksitigarbha Bodhisatva, mendengar suara Ksitigarbha Bodhisatva dan melafalkannya, memberi persembahan dan menghormati Ksitigarbha Bodhisatva, mereka akan memperoleh keuntungan selama hidupnya dan kelak akhirnya akan mencapai ke-Buddha an".

BERLANGGANAN GRATIS! :
Saat ini ribuan orang telah berlangganan artikel dan merasakan manfaat positif-nya.
Masukkan E-Mail Anda di bawah ini.
Protected by Google

Jangan lupa Konfirmasi link Aktivasi yang kami kirim di E-Mail Anda!

0 Response to "Kisah Ksitigarbha Bodhisatva"

Post a Comment